BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Minggu, 07 November 2010

Makalah COPD


BAB I
PENDAHULUAN

            Penyakit paru-paru obstruktif kronis ( chronic obstructive pulmonary diseases-COPD ) merupakan suatu istilah yang sering digunakan untuk sekelompok penyakit paru-paru yang berlangsung lama dan ditandai oleh peningkatan resistensi terhadap aliran udara sebagai gambaran patofisiologi utamanya. Ketiga penyakit yang membentuk satu kesatuan yang dikenal dengan COPD adalah : Bronkhitis Kronis, Emfisema Paru-Paru, dan Asma Bronkhial. Sering juga penyakit ini disebut dengan ‘chronic airflow limitation (CAL)’ dan chronic obstructive lung diseases (COLD)’.
            Adapun penyakit pada COPD atau PPOM mencakup 3 macam penyakit yaitu : Bronkhitis Kronis, Emfisema Paru dan Asma Bronkhial.
            Bronkhitis kronik merupakan suatu gangguan klinis yang ditandai oleh pembentukan mukus yang berlebihan dalam bronkus dan bermanifestasi sebagai batuk kronik dan pembentukan sputum selama sedikitnya 3 bulan dalam setahun, sekurang-kurangnya dalam dua tahun berturut-turut. Definisi ini tidak mencakup penyakit-penyakit seperti bronkiektasis dan tuberculosis yang juga menyebabkan batuk kronik dan pembentukan sputum. Sputum yang terbentuk pada bronchitis kronik bisa mukoid atau mukopurulen.
            Emfisema paru merupakan suatu perubahan anatomis parenkim paru yang ditandai oleh pembesaran alveolus dan duktus alveolaris yang tidak normal, serta destruksi dinding alveolar.
            Asma merupakan suatu bentuk penyakit yang ditandai oleh hipersensitivitas cabang trakeobronkial terhadap berbagai jenis rangsangan dan keadaan ini bermanifestasi sebagai penyempitan jalan napas secara periodik dan reversible akibat bronkospasme.









BAB II
PEMBAHASAN
A.                BRONKHITIS KRONIS
1.      Definisi
Bronkhitis akut adalah radang pada bronkus yang biasanya mengenai trakhea dan laring, sehingga sering dinamai dengan laringo tracheobronchitis. Radang ini dapat timbul sebagai kelainan jalan nafas tersendiri atau sebagai  bagian dari penyakit sistemik misalnya pada morbili, pertusis, difteri, dan tifus abdominalis.
Istilah bronchitis kronik menunjukkan kelainan pada bronchus yang sifatnya menahun (berlangsung lama) dan disebabkan oleh beberapa factor, meliputi factor yang berasal dari luar bronchus maupun dari bronchus itu sendiri. Bronchitis kronis merupakan keadaan yang berkaitan dengan produksi mukus trakheabronkhial yang berlebihan, sehingga menimbulkan batuk yang terjadi paling sedikit selama 3 bulan dalam waktu 1 tahun untuk lebih dari 2 tahun secara berturut-turut.
Bronchitis kronis bukanlah merupakan bentuk menahun dari bronchitis akut. walaupun demikian, seiring dengan waktu, dapat ditemukan periode akut pada penyakit bronchitis kronis. Hal tersebut menunjukkan adanya serangan bakteri pada dinding bronchus yang tidak normal. infeksi sekunder oleh bakteri dapat menimbulkan kerusakan yang lebih banyak sehingga akan memperburuk keadaan.

2.      Etiologi
Terdapat tiga jenis penyebab bronchitis akut, yaitu:
1.      Infeksi: staphylococcus (stafilokokus), streptococcus (Streptokokus), Pneumococcus (pneumokokus), Haemophilus influenzae.
2.      Alergi
3.      Rangsangan lingkungan, misalnya : asap pabrik, asap mobil, asap rokok, dll.
Bronkhitis kronis dapat merupakan komplikasi kelainan patologik pada beberapa alat tubuh, yaitu :
·         Penyakit jantung menahun, yang disebabkan oleh kelainan patologik pada katup maupun miokardia. Kongesti menahun pada dinding bronchus melemahkan daya tahan sehingga infeksi bakteri mudah terjadi.
·         Infeksi sinus paranasalis dan rongga mulut, area infeksi merupakan sumber bakteri yang dapat menyerang dinding bronchus.
·         Dilatasi bronchus (Bronkhiekstasi), menyebabklan gangguan sususnan dan fungsi dinding bronchus sehingga infeksi bakteri mudah terjadi.
·         Rokok dapat menimbulkan kelumpuhan bulu getar selaput lendir bronchus sehingga drainase lendir terganggu. kumpulan lendir tersebut merupakan media yang baik untuk pertumbuhan bakteri.

3.      Patofisiologi
Serangan bronchitis akut dapat timbul dalam serangan tunggal atau dapat timbul kembali sebagai Eksaserbasi akut dari bronchitis kronis. pada umumnya, virus merupakan awal dari serangan bronchitis akut pada infeksi saluran nafas bagian atas. dokter akan mendiagnosis bronchitis kronis jika pasien mengalami batuk atau mengalami produksi sputum selam kurang lebih 3 bulan dalam 1 tahun atau paling sedikit dalam dua tahun berturut-turut.
Serangan bronchitis disebabkan karena, tubuh terpapar agen infeksi maupun noninfeksi (terutama rokok). iritan (zat yang menyebabkan iritasi) akan menyebabkan timbulnya respon inflamasi yang akan menyebabkan vasodilatasi, kongesti, edema mukosa, dan bronkospasme. Tidak seperti enfisema bronchitis lebih mempengaruhi jalan napas kecil dan besar dibandingkan alveoli. Dalam keadaan bronchitis, aliran udara masih memungkinkan tidak mengalami hambatan.
Pasien dengan bronchitis kronis akan mengalami :
·         Peningkatan ukuran dan jumlah kelenjar mucus pada bronchus besar sehingga meningkatkan produksi mucus.
·         Mukus lebih kental
·         Kerusakan fungsi siliari yang dapat menurunka mekanisme pembersihan mucus.
Pada keadaan normal, paru-paru memiliki kemampuan yang disebut mucociliary defence’, yaitu sistem penjagaan paru-paru yang dilakukan oleh mucus dan siliari. Pada pasien dengan bronchitis akut, system mucus siliari defence paru-paru mengalami kerusakan sehingga lebih mudah terserang infeksi. Ketika infeksi timbul, kelenjar mucus akan menjadi hipertropi dan hiperplasia (ukuran membesar dan jumlah bertambah) sehingga produksi mucus akan meningkat. Infeksi juga menyebabkan dinding bronchial meradang , menebal (seringkali sampai dua kali ketebalan normal, dan mengeluarkan mucus kental. Adanya mucus kental dari dinding bronchial dan mucus yang dihasilkan kelenjar mucus dalam jumlah banyak akan menghambat beberapa aliran udara kecil dan mempersempit saluran udara besar. Bronchitis kronis mula–mula hanya mempengaruhi bronchus besar, namun lambat laun akan memengaruhi seluruh saluran napas.
            Mukus yang kental dan pembesaran bronchus akan mengobstruksi jalan napas terutama selama ekspirasi. Jalan napas selanjutnya mengalami kolaps dan udara terperangakap pada bagian distal dari paru – paru. Obstruksi ini menyebabkan penurunan ventilasi alveolus, hipoksia, dan asidosis pasien mengalami kekuarangan O2 jaringan dan ratio ventilasi perfusi abnormal timbul, dimana terjadi penurunan PO2. Kerusakan ventilasi juga  dapat meningkatkn nilai PCO2 sehingga pasien terlihat cianosis. Sebagai kompensasi dari hipoksemia, maka terjadi polisitemia (produksi eritrosit berlebihan).
            Pada saat penyakit bertambah parah, sering ditemukan produksi sejumlah sputum yang hitam, biasanya karena infeksi pulmonary. Selama infeksi, pasien mengalami reduksi pada FEV dengan peningkatan pada RV  dan FRC jika masalah tersebut tidak ditanggulangi, hipoksemia akan timbul yang akhirnya menuju penyakit cor pulmonal dan CHF (Congestive Heart Fairlure).

4.      Manifestasi Klinik
1.         Penampilan umum: cenderung overweight, sioanosis akibat pengaruh sekunder polisitemia, edema (akibat CHF kanan), dan barrel chest.
2.        Usia: 45-65 tahun.
3.        Pengkajian:
·      Batuk persisten, produksi sputum seperti kopi ,dispnea dalam beberapa  keadaan,variable wheezing pada saat ekspirasi,serta seringnya  infeksi pada sistem resirasi.
·      Gejala biasanya  timbul pada waktu yang lama.
4.     Jantung : pembesaran jantung ,cor pulmonal,dan Hematokrit > 60%.
5.     Riwayat merokok positif (+)

5.      Manajemen  Medis
Pengobatan utama di tunjukan  untuk mencegah ,mengontrol infeksi,dan meningkatkan drainase bronchial menjadi jernih.pengobatan yang di berikan  adalah sebagai berikut:
·         Antimikrobial
·         postural drainase
·         Bronchodilator
·         Aerosolized Nebulizer
·         Surgical Interventi

B.                 EMFISEMA PARU-PARU
1.      Definisi
Emfisema merupakan  gangguan pengembangan  paru-paru  yang  di tandai oleh  pelebaran  ruang udara  di dalam paru-paru  disertai destruksi jaringan.Sesuai dengan difinisi  tersebut,maka dapat di katakan  bahwa tidak termaksud  emfisema  jika di temukan kelainan  berupa pelebaran  ruang udara (alveolus)tampa di sertai adanya  destruksi  jaringan.Namun,keadaan tersebut  hanya sebagai ‘overinflation’
2.      Patogenesis
            Terdapat  empat perubahan patologik yang dapat timbul  pada pasien  emfisema yaitu:
a)   Hilangnya  elastisitas paru-paru
Protease (enzim paru-paru) mengubah atau  merusak alveoli  dan saluran nafas kecil  dengan  cara merusak  serabut elastin,sebagai akibatnya, kantungan  alveolus kehilangan elastisitas  dan jalan napas kecil  menjadi kolaps  atau menyempit. Beberapa alveoli menjadi rusak  dan yang lainnya kemmungkinan  menjadi membesar.
b)   Hiperinflasi paru-paru
Pembesaran  alveoli sehingga paru-paru   sulit untuk  dapat kembali  ke posisi  istirahat  normal selama ekspirasi.
c)   Terbentuknya bullae
Dinding alveolus  membengkak dan berhubungan untuk  membentuk  suatu bullae (ruang tempat  udara  di antara parenkim paru-paru) yang dapat di lihat pada  pemeriksaan pada X-ray.
d)   Kolapsnya jalan  napas kecil dan udara  terperangkap.
Ketika pasien  berusaha  untuk ekshalasi secara kuat, tekanan positif intratoraks akan menyebabkan  kolapsnya jalan napas.

3.      Tipe Emfisema
Terdapat tiga tipe  dari emfisema :
a)         Emfisema sentriolobular
Merupakan tipe yang sering  muncul dan memperlihatkan kerusakan  bronkhiolus,bisanya pada daerah  paru-paru  atas.inflamasi merambah  sampai bronkhiolus tetap I biasanya   kantung alveolus bersisa.
b)    Emfisema panlobular (panacinar)
Merusak ruang udara  pada seluruh asinus dan umumnya juga merusak  paru-paru  bagian  bawah.tipe ini sering disebut centriacinar emfisema,sering kali timbul pada perokok.panacinar timbul pada orang tua dan pasien dengan defisiensi  enzim alpha-antitripsin.
c)      Emfisema paraseptal
Merusak alveoli  lobus bagian  yang  mengakibatan  isolasi blebs (udara dalam alveoli) sepanjang perifer  paru-paru.paraseptal emfisema dipercaya sebagai dari pneumotorak spontan. Pada keadaan lanjut,terjadi peningkatan dyspnea dan infeksi pulmoner dan sering kali timbul Cor pulmonal (CHF bagian kanan ).
4.      Patofisiologi
Emfisema merupakan kelainan di mana terjadi kerusakan  pada dinding alveolus yang akan menyebabkan  overdistensi permanen ruang udara.perjalanan udara akan terganggu akibat dari  perubahan ini. kesulitan selama  ekspirasi pada emfisema merupakan akibatkan  akibat dari adanya destruksi dinding (septum) di antara  alveoli,jalan napas kolaps sebagian,dan kehilangan  elastisitas untuk mengerut  atau recoil.pada saat alveoli dan septum kolaps,vudara akan tertahan  di antara  ruangan alveolus (disebut blebs) dan di antara  parenkim paru-paru (disebut  bullae) .proses ini akan menyebabkan peningkatan ventilator pada ‘dead space’atau area yang tidak  mengalami pertukaran gas atau darah. Kerja napas meningkat dikarenakan terjadinya kekurangan fungsi  jaringan paru-paru untuk melakukan  pertukaran O² dan CO².Emfisema juga menyebabkan  destruksi  kapiler paru-paru, selanjutnya  terjadi penurunan perfusi dengan  usia,tetapi jika hal ini  timbul pada pasien  yang berusia  muda biasanya  berhubungan dengan bronchitis kronis dan merokok.

C.                ASMA BRONKHIAL
1.      Definisi
Asma adalah suatu gangguan pada saluran bronkhial dengan ciri bronkospasme periodik (kontraksi spasme pada saluran napas). Asma merupakan penyakit kompleks yang dapat diakibatkan oleh factor biokimia, endokrin, infeksi, otonomik, dan psikologi.

2.      Tipe Asma
Asma terbagi menjadi alergi, idiopatik, nonalergik,dan campuran (mixed):
a.      Asma alergik/ekstrintik, merupakan suatu jenis asma dengan yang disebabkan oleh alergen (misalnya bulu binatang, debu, ketombe, tepung sari, makanan dan lain-lain). Alergen yang paling umum adalah alergen yang perantaraan penyebarannya melalui udara (air borne) dan allergen yang muncul secara musiman (season). Pasien dengan asma alergik biasanya mempunyai riwayat alergi pada keluarga dan riwayat pengobatan ekzema atau rhinitis alergi. Paparan terhadap alergi akan mencetuskan serangan asma. Gejala asma umumnya dimulai saat kanak-kanak.
b.      Idiopatik atau nonallergic asthma/intrinsik, merupakan jenis asma yang tidak berhubungan secara langsung dengan allergen spesifik. Faktor-faktor seperti common cold, infeksi saluran napas atas, aktivitas, emosi, dan polusi lingkungan dapat menimbulkan serangan asma. Beberapa agen farmakologi, antagonis beta-adrenergik, dan agen sulfite (penyedap makanan) juga dapat berperan factor pencetus. Serangan asma idiopatik atau nonallergic dapat menjadi lebih berat dan seringkali dengan berjalannya waktu dapat berkembang menjadi bronchitis dan emfisema. Pada beberapa pasien, asma jenis ini dapat berkembang menjadi asma campuran. Bentuk asma ini biasanya dimulai pada saat dewasa (>35 tahun)
c.       Asma campuran (mixed asthma), merupakan bentuk asma yang paling sering ditemukan. Dikarakteristikkan dengan batuk kedua jenis asma alergi dan idiopatik atau nonalergic.

3.      Etiologi
Sampai saat ini, etiologi asma belum diketahui dengan pasti. Namun suatu hal yang seringkali terjadi pada semua penderita asma adalah fenomena hiperaktivitas bronchus. Bronkhus penderita asma sangat peka terhadap rangsang imunologi maupun nonimunologi. Karena sifat tersebut, maka serangan asma mudah terjadi akibat berbagai rangsang baik fisik, metabolism, kimia, allergen, infeksi, dan sebagainya. Faktor penyebab yang sering menimbulkan asma perlu diketahui dan sedapat mungkin dihindarkan. Faktor-faktor tersebur adalah :
a.       Allergen utama: debu rumah, spora jamur, dan tepung sari rerumputan
b.      Iritan seperti asap, bau-bauan dan polutan
c.       Infeksi saluran napas terutama yang disebabkan oleh virus
d.      Perubahan cuara yang ekstrim
e.       Aktivitas fisik yang berlebihan
f.       Lingkungan kerja
g.      Obat-obatan
h.      Emosi
i.        Lain-lain seperti:refluks gastro esophagus

4.      Manifestasi Klinis
Gejala asma terdiri atas triad : dispnea, batuk dan mengi (bengek atau sesak napas). Gejala sesak napas sering dianggap sebagai gejala yang harus ada. Hl tersebut terjadi jika penderita menganggap penyakittnya adalah asma namun tidak mengeluhkan sesak napas, maka perawat harus yakin bahwa pasien bukan menderita asma.
Gambaran klinis pasien yang menderita asma:
a.      Gambaran objektif yang ditangkap perawat adalah kondisi pasien dalam keadaan seperti di bawah ini :
·         Sesak nafas prah dengan ekspirasi memanjang disertai wheezing.
·         Dapat disertai batuk dengan sputum kental dan sulit dikeluarkan.
·         Bernafas dengan menggunakan otot-otot napas tambahan.
·         Sianosis,takikardia,sesak,gelisah,dan pulsus paradoksus.
·         Fase ekspirasi memanjang disertai wheezing (di apeks dan hilus)
b.      Gambaran subjektif yang ditangkap perawat adalah pasien mengeluhkansukar bernafas,sesak dan anoreksia.
c.       Gambaran psikososial yang diketahui perawat adalah cemas,takut,mudah tersinggung,dan kurangnya pengetahuan pasien terhadap situasi penyakitnya.

5.      Patofisiologi
Asma akibat alergi bergantung kepada respons IgE yang dikendalikan oleh limfosit T dan B.Ssma diaktifkan oleh interaksi antara antigen dengan molekul IgE yang berikatan dengan sel mast.sebagian besar allergen yang menimbulkan asma bersifat airborne.Alergen tersebut harus tersedia dalam jumlah banyak dalam periode waktu tertentu agar mampu menimbulkan gejala asma.namun dilain kasus terdapat pasien yang sangt responsive, sehingga sejumlah kecil allergen masuk dalam tubuh sudah dapat mengakibatkan eksaserbasi penyakit yang jelas.
Obat yang paling berhubungan dengan induksi fase akut asma adalah aspirin, bahan pewarna seperti tartazin, antagonis beta-adrenergik, dan bahan sulfat. Simdrom khusus pada sistem pernapasan  yang sensitif terhadap aspirin terjadi pada orang dewasa, namun dapat pula dilihat pada masa kanak- kanak. Masalah ini biasanya berawal dari rhinitis vasomotor perennial lalu menjadi rhinosinusitis hiperplastik dengan polip nasal dan akhirnya diikuti oleh munculnya asma progresif.
Pasien yang sensitif terhadap aspirin dapat dikurangi gejalanya dengan  pemberian obat setiap hari. Setelah menjalani bentuk terapi ini, toleransi silang akan terbentuk terhadap antigen anti inflamasi nonsteroid. Mekanisme terjadinya bronkospasme oleh aspirin ataupun obat lainnya belum diketahui, tetapi mungkin berkaitan dengan pembentukan leukotrien yang diinduksi secara khusus oleh aspirin.
Antagonis beta-adrenergik merupakan hal yang biasanya menyebabkan obstruksi jalan napas pada pasien asma, demikian juga dengan pasien lain dengan reaktivitas jalan napas. Oleh karena itu, antagonis beta-adrenergik harus dihindarkan pada pasien tersebut. Senyawa sulfat yang secara luas digunakan sebagai agen sanitasi dan pengawet dalam industry makanan dan farmasi juga dapat menimbulkan obstruksi jalan napas akut pada pasien yang sensitive. Senyawa sulfat tersebut adalah kalium metabisulfit, kalium dan natrium bisulfit, natrium sulfit, dan sulfat klorida. Pada umumnya tubuh akan terpapar setelah menelan makanan atau cairan yang mengandung senyawa tersebut seperti salad, buah segar kentang, kerang, dan anggur.
Faktor penyebab yang telah disebutkan di atas ditambah dengan sebab  internal pasien akan mengakibatkan dikeluarkannya substansi pada alergi yang sebetulnya merupakan mekanisme tubuh dalam menghadapi serangan, yaitu dikeluarkannya histamine, bradikinin, dan anafilatoksin. Sekresi zat-zat tersebut menimbulkan tiga gejala seperti berkontraksinya otot polos, peningkatan permeabilitas kapiler, dan peningkatan sekresi mukus seperti terlihat pada gambar berikut ini.

6.      Penatalaksanaan
Prinsip-prinsip penatalaksanaan asma bronchial:
a.       Diagnosis status asmatikus. Factor penting yang harus diperhatikan adalah :
1)      Waktu terjadinya serangan
2)      Obat-obatan yang telah diberikan.
b.      Pemberian obat bronkodilator.
c.       Penilaian terhadap perbaikan serangan.
d.      Pertimbangan terhadap pemberian kortikosteroid.
e.       Setelah serangan mereda:
1)      Cari factor penyebab
2)      Modifikasi pengobatan penunjang selanjutnya.

7.      Obat-obatan
a.       Beta Agonists
Beta agonist (β-adrenergic agents) merupakan jenis obat yang diberikan paling awal yang digunakan dalam pengobatan asma. Hal tersebut dikarenakan obat ini bekerja dengan cara mendilatasikan otot polos. Agen adrenergic juga meningkatkan pergerakan silia, menurunkan mediator kimia anafilaksis, dan dapat meningkatkan efek bronkolasi dari kortikosteroid. Agen adrenergic yang sering digunakan antara lain epineprin, albuterol, metaproterenol, isoproterenol, isoetharine, dan terbutaline. Biasanya diberikan secra parenteral atau inhalasi. cara
b.      Bronkodilator
Pada kasus penyakit asma, bronkodilator tidak digunakan secara oral tetapi dipakai secara inhalasi atau parenteral. Jika sebelumnya telah digunakan obat golongan simpatomimetik,maka sebaiknya diberikan aminophilin secara parenteral. Demikian sebaliknya, bila sebelumnya telah digunakan obat golongan Teofilin secara oral maka sebaliknya diberikan obat golongan simpatomimetik secara aerosol atau parenteral.
Obat-obat bronkodilator simpatomimetik berefek samping menimbulkan takikardia sehingga penggunaan parenteral pada orang tua harus dilakukan denga hati-hati. Obat jenis ini pun berbahaya pada pasien dengan penyakit hipertensi, kardiovaskelr dan serebrovaskuler. Pada orang dewasa, bronkodilator diberikan bersama 0.3 ml larutan epinefrin 1 : 1000 (perbandingan tersebut adalah perbandingan epinefrin dengan pengenceran 10-3 ) secara subkutan. Sedangkan pada anak-anak diberikan bronkodilator sebanyak 0,01 mg/kg BB subkutan (1 mg permil) dan dapat diulang tiap 30 menit sebanyak 2-3 kali atau sesuai kebutuhan.
Obat-obatan bronkodilator golongan simpatomimetik yang selektif terhadap adrenoreseptor (orsiplendin, salbutamol, Tebutalin, Ispenturin, dan Fenoterol). Selain itu, obat-obatan tersebut mempunyai sifat yang lebih efektif dengan masa kerja lebih lama dan efek samping lebih kecil daripada bentuk nonselektif (Adrenalin, Efedrin, dan Isoprnedlin).
Obat-obat bronkodilator yang diberikan dengan aerosol bekerja lebih cepat dan efek samping sistemiknya lebih kecil. Campuran tersebut baik digunakan untuk sesak napas berat pada anak-anak dan dewasa. Untuk menggunakannya, mula-mula diberikan sebanyak sedotan metered Aerosol Defire (Afulpen Metered Aerosol). Jika menunjukkan perbaikan, maka dapat diulang tiap empat jam dan jika tidak ada pebaikan selama 10-15 menit segera berikan Aminophilin dengan perlahan disuntikkan secara intravena. Pemberian Aminophilin dengan perlahan disuntikkan secara intravena dalam durasi 5-10 menit. Efek samping yang timbul jika diberikan secara tidak perlahan adalah menurunnya tekanan darah. Dosis awal yang diberikan sebesar 5-6 mg/kg BB untuk orang dewasa dan anak-anak. Sedangkan dosis penunjang yang diberikan adalah sebesar 0,9 mg/kgBB/jam secara infus.
c.       Kortikosteroid
Bila pemberian obat-obat bronkodilator tidak menunjukkan perbaikan maka pengobatan dilanjutkan dengan 200 mg hidrokortion secara oral atau dengan dosis 3-4 mg ]/kg BB intravena sebagai dosis permulaan dan dapat diulang 2-4 jam secara parenteral sampai serangan akut terkontrol dengan diikuti pemberian 30-60 mg prednisone atau dengan dosis 1-2 mg/kg BB/hari secara oral dalam dosis terbagi, kemudian dosis dikurangi secara bertahap.
d.      Pemberian Oksigen
Pemberian oksigen menggunakan kanul hidung dengan kecepatan aliran O 2-4  liter/menit yang dialirkan melalui air untuk memberikan kelembapan obat ekspetoran seperti gliserolguaiakolat dapat juga digunakan untuk memperbaiki dehidrasi. Oleh karena itu antara cairan per oral dan infus harus cukup dan sesuai dengan prinsip dehidrasi. Antibiotik diberikan hanya bila ada infeksi.

D.        Mekanisme Terjadinya Obstruksi pada COPD
a.   Intraluminer
Akibat infeksi dan iritasi yang menahun pada lumen bronkus, sebagian bronkus
      tertutup oleh secret yang berlebihan.
b.   Intramular
Dinding bronkus menebal, akibatnya:
·         Kontraksi otot-otot polos bronkus dan bronkiolus seperti pada asma
·         Hipertrofi dari kelenjar-kelenjar mukus
·         Edema dan inflamasi (peradangan), sering terdapat pada bronkhitis dan asma.
c.   Ekstramular
Kelainan terjadi di luar saluran pernapsan. Destruksi dari jaringan paru mengakibatkan hilangnya kontraksi radial dinding bronkus ditambah dengan hiperinflamasi jeringan paru menyebabkan penyempitan saluran napas.

1.      Manifestasi Klinis COPD
COPD merupakan penyakit obstruksi saluran napas, terjadi sedikit demi sedikit, bertahun tahun, biasanya dimulai pada seorang penderita perokok berumur 15-25 tahun produktivitasnya menurun dan timbul perubahan pada saluran pernapasan kecil dan fungsi paru mulai berubah pula. Umur 35-45 tahun timbul batuk produktif. Umur 45-55 tahun timbul sesak napas, hipoksemia dan perubahannya pada pemeriksaan spirometri. Sering berulang-ulang mendapat infeksi saluran pernapasan bagian atas sehingga sering kali tidak dapat bekerja. Umur 55-65 tahun sudah ada kor pulmonal yang dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan meninggal dunia.
Semua penyakit pernapasan dikarakteristikkan oleh obstruksi kronis pada aliran udara. Penyebab utama obstruksi bermacam-macam., misalnya ;         
·         Inflamasi jalan napas
·         Pelengketan mukosa
·         Penyempitan lumen jalan napas
·         Kerusakan jalan napas
·         Takipnea
  • Ortopnea

2.   Pemeriksaan Diagnostik COPD       
Pemeriksaan penunjang dalam COPD adalah sebagai berikut :          
a. Pemeriksaan Radiologis
Pemeriksaan radiologis sangat membantu dalam menegakan atau menyokong diagnosis
dan menyingkirkan penyakit-penyakit lain.
b. Pemeriksaan Faal Paru         
Pada pemeriksaan fungsi paru FVC (kapasitas vital kuat) dan fev folume ekspirasi kuat mengalami penurunan menjadi kurang dari 20 %.        
c. Analisis Gas Darah
    Pada pemeriksaan gas darah arteri PH <> 45 mmHg, sedangkan yang normal PH 7,35- 7,45 dan PaCO2 35-45 mmHg, serta pO2 75-100 mmHg.
d. Pemeriksaaan EKG (elektrokardiogram)   

3.                  Penatalaksanaan COPD
Penatalaksanaan pada penderita COPD prinsipnya adalah untuk meringankan keluhan simptomatik, memperbaiki serta mempertahankan fungsi paru dan usaha pencegahan harus dilakukan seperti penghentian merokok, menghindari polusi udara.  
Adapun penatalaksanaan yang dapat dilakukan adalah :
a. Pemberian bronkodilator
1)Teoillin               
Golongan teofilin biasanya diberikan dengan dosis 10-15 mg/kg berat badan per oral.
2)Agonis B2          
Sebaiknya diberikan scara aerosol atau nebulizer. Dapat juga diberikan kombinasi obat secara aerosol maupun oral, sehingga diharapkan mempunyai efek bronkodilator lebih kuat.
b. Pemberian kortikosteroid
Pada beberapa penderita pemberian kortikosteroid akan mengurangi obstruksi saluran pernapasan.
c. Mengurangi retraksi usus   
Usaha untuk mengeluarkan dan mengurangi mukus, merupakan pengobatan yang utama dan penting pada pengelalaan COPD. Untuk itu dapat dilakukan :
·            Minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.
·            Ekspektoran.
·            Yang sering digunakan gliserilquaiakolat, kalium yodida dan ammonium klorida
·            Nebulizasi dan humidifikasi dengan uap air menurunkan viskositas dan mengencer sputum.
·            Mukolitik.
·            Dapat digunakan asetil sistein atau bromheksin.       
d. Fisioterafi dan rehabilitasi
Berguna untuk :
·            Mengeluarkan mukus dari saluran pernapasan
·            Memperbaiki efisiensi ventilasi
·            Memperbaiki dan meningkatkan kekiatan fisis.         

4.                  Komplikasi COPD
Komplikasi yang sering terjadi dengan berlanjutnya penyakit, yaitu :          
a.    Kegagalan respirasi yang ditandai dengan sesak napas dengan manifestasi asidosis   respirasi.
b.   Retensi co2
c.    Menurunnya saturasi O2   
d.   Hematologik : polisitemia  
e.    Ulkus peptikum, terjadinya sukar diketahui
























E.        ASUHAN KEPERAWATAN
1.         Pengkajian
Pengkajian mencakup pengumpulan informasi tentang gejala-gejala terakhir juga manifestasi penyakit sebelumnya. Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang bisa digunakan sebagai pedoman untuk mendapatkan riwayat kesehatan yang jelas dari proses penyakit :
·         Sudah berapa lama pasien mengalami kesulitan pernapasan ?
·         Apakah aktivitas meningkatkan dispnea? Jenis aktivitas apa?
·         Berapa jauh batasan pasien terhadap toleransi aktivitas?
·         Kapan selama siang hari pasien mengeluh paling letih dan sesak napas?
·         Apakah kebiasaan makan dan tidur terpengaruh?
·         Apa yang pasien ketahui tentang penyakit dan kondisinya?
Data tambahan dikumpulkan melalui observasi dan pemeriksaan; pertanyaan yang
patut dipertimbangkan untuk mendapatkan data lebih lanjut termasuk :
·         Berapa frekuensi nadi dan pernapasan pasien?
·         Apakah pernapasan sama dan tanpa upaya?
·         Apakah pasien mengkonstriksi otot-otot abdomen selama inspirasi?
·         Apakah pasien menggunakan otot-otot aksesori pernapasan selama pernapasan?
·         Apakah tampak sianosis?
·         Apakah vena leher pasien tampak membesar?
·         Apakah pasien mengalami edema perifer?
·         Apakah pasien batuk?
·         Apa warna, jumlah dan konsistensi sputum pasien?
·         Bagaimana status sensorium pasien?
·         Apakah terdapat peningkatan stupor? Kegelisahan?

2.         Diagnosa Keperawatan
a)         Bersihan jalan napas tak efektif b/d peningkatan produksi secret, sekresi tertahan , tebal, sekresi kental.

b)         Kerusakan Pertukaran Gas b/d Gangguan suplai oksigen (Obstruksi jalan napas, spasme bronkhus, jebakan udara)
c)         Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan dispnea, kelemahan, efek samping obat, produksi sputum, anoreksia , mual /muntah
d)         Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan tidak adekuatnya imunitas, malnutrisi
e)         Kurang pengetahuan tentang kondisi/tindakan berhubungan dengan kurang informasi.

3.         Intervensi dan Rasional
a)         Bersihan jalan napas tak efektif b/d peningkatan produksi secret, sekresi tertahan , tebal, sekresi kental.
Mandiri
·         Intervensi : Auskultasi bunyi nafas
Rasional  : Beberapa derajat spasme bronkhus terjadi denga obstruksi jalan napas dan dapat/tak dimanifestasikan adanya bunyi napas adventisius, mis., penyebaran, krekels basah (bronkitis) ; Bunyi napas redup dengan ekspirasi mengi (emfisema); atau tak adanya bunyi napas(asma berat).
·         Intervensi : Kaji frekuensi pernapasan
Rasional :  Takipnea biasanya ada pada beberapa derajat dan dapat ditemukan pada  penerimaan atau selama stress/ adanya proses infeksi akut . pernapasan dapat melambat dan frekuensi ekspirasi memanjang di banding inspirasi.
·         Intervensi :  Kaji adanya dispnea, gelisah, ansietas, distres pernapasan dan penggunaan otot bantu pernapasan
Rasional :  Disfungsi pernapasan adalah variable yang tergantung pada tahap proses kronis selain proses akut yang menimbulkan perawatan dirumah sakit, mis., infeksi, reaksi alergi.
·         Intervensi : Berikan posisi yang nyaman pada pasien
Rasional  : Peninggian kepala tempat tidur mempermudah fungsi pernapasan dengan menggunakan gravitasi. Namun, pasien dengan distress berat akan mencari posisi yang paling mudah untuk bernapas. Sokongan tangan atau kaki dengan meja, bantal, dan lain-lain membantu menurunkan kelemahan otot dan dapat sebagai alat ekspansi dada.
·         Intervensi : Hindarkan dari polusi lingkungan misal : asap, debu, bulu bantal
Rasional  : Pencetus tipe reaksi alergi pernapasan yang dapat mmentriger episode
                    akut
·         Intervensi : Dorong latihan napas abdomen
Rasional :   Memberikan pasien beberapa cara untuk mengatasi dan mengontrol
                    dispnea dan menurunkan jebakan udara.
·         Intervensi : Observasi karakteristik batuk misalnya : menetap, batuk pendek, basah
Rasional :  Batuk dapat menetap tetapi tidak efektif, khususnya bila pasien lansia,  sakit akut, atau kelemahan. Batuk paling efektif pada posisi duduk tinggi atau kepala dibawah setrelah perkusi dada.
·         Intervensi : Tingkatkan masukan cairan sampai 3000 ml/hari sesuai toleransi jantung
Rasional :    Hidrasi membantu menurunkan kekentalan secret, mempermudah  pengeluaran.
·         Intervensi : Berikan air hangat
Rasional : Pengunaan cairan hangat dapat menurunkan spasme bronkus. Cairan selama makan dapatr meningkatkan distensi gaster dan tekanan diagfragma.
Kolaborasi :
·         Intervensi : Berikan obat sesuai indikasi : bronkodilator, Xantin, Kromolin, Steroid,
oral/IV dan inhalasi, antimikrobial, analgesik
·            Rasional : - Merilekskan otot halus dan menurunkan kongesti local, menurunkan spasme jalan napas, mengi, dan produksi mukosa. Obat-obat mungkin per oral, injeksi, atau inhalasi.
-       Menurunkan edema mukosa dan spasme otot polos denga peningkatan langsung siklus AMP. Dapat juga menurunkan kelemahan otot/ kegagalan pernapasan dengan meningkatkan kontraktilitas diagfragma.
-       Menurunkan inflamsi jalan napas local dan edema dengan menghambat efek histamine dan mediator lain.
·         Intervensi : Berikan humidifikasi tambahan : misal nebuliser ultranik
Rasional :    Kotiksteroid digunakan untuk mencegah reaksi alergi / menghambat pengeluaran histamine menurunkan berat dan frekuensi spasme jalan napas, inflamasi pernapasan, dispnea.
·         Intervensi : Fisioterapi dada
Rasional  : Drainase postural dan perkusi bagian penting untuk membuang banyaknya sekresi/kental dan memperbaiki ventilasi pada segmen dasar paru.  Catatan: dapat meningkatkan spasme bronkus pada asma
·         Intervensi : Awasi GDA, foto dada, nadi oksimetri
Rasional  : Membuat dasar untuk pengawasan kemajuan/kemunduran proses penyakit dan komplikasi.

b)         Gangguan pertukaran gas berhubungan dengan ketidaksamaan ventilasi-perfusi
Mandiri :
·         Intervensi :Kaji frekuensi, kedalaman pernapasan. Catat penggunaan alat bantu pernapasan
Rasional : Berguna dalam evaluasi derajat distres pernafasan dan /atau kronisnya proses penyakit
·         Intervensi : Tinggikan kepala tempat tidur, bantu pasien memilih posisi yang mudah
                    untuk bernapas
Rasional : Pengiriman oksigen dapat diperbaiki dengan posisi duduk tinggi dan latihan nafas untuk menurunkan kolaps jalan nafas, dispnea, dan kerja nafas.
·         Intervensi : Kaji kulit dan warna membran mukosa
Rasional :  Sianosis mungkin perifer (terlihat pada kuku) atau sentral (terlihat sekitar bibir/atau daun telinga). Keabu-abuan dan diagnosis sentral mengindikasikan beratnya hipoksemia.
·         Intervensi : Dorong mengeluarkan sputum, penghisapan bila diindikasikan
Rasional : Kental, tebal dan banyaknya sekresi adalah sumber utama gangguan pertukaran gas pada jalan napas kecil. Penghisapan dibutuhkan bila batuk tidak afektif.

·         Intervensi : Auskulatasi bunyi nafas
Rasional : Bunyi napas mungkin redup karena penurunan aliran udara atau area konsolidasi. Adanya mengi mengindikasikan spasme bronkus/tertahannya sekret. Krekels basah menyebar menunjukkan cairan pada interstisial/dekompensasi jantung.
·         Intervensi : Palpasi fremitus
Rasional : Penurunan getaran vibrasi diduga ada pengumpulan cairan atau udara terjebak
·         Intervensi : Awasi tingkat kesadaran/status mental
Rasional : Gelisah dan ansietas adalah manifestasi umum pada hipoksia. GDA memburuk disertai bingung/somnolen menunjukkan disfungsi serebral yang berhubungan dengan hipoksemia.
·         Intervensi : Batasi aktivitas pasien
Rasional : Selama distres pernapasan berat/akut/refraktori pasien secara total tak mampu melakukan aktivitas sehari-hari karena hipoksemia dan dispnea. Istirahat diselingi aktivitas perawatan masih penting dari program pengobatan.
·         Intervensi : Awasi Tanda Vital dan irama jantung
Rasional : Takikardia. Distrimia, dan perubahan TD dapat menunjukkan efek hipoksemia sistemik pada fungsi jantung.
Kolaborasi :
·         Intervensi : Awasi GDA dan nadi oksimetri
Rasional :  PaCO2 biasanya meningkat (bronkitis, emfisema) dan PaO2 secra umum menurun, sehingga hipoksia terjadi dengan derajat lebih kecil atau lebih besar. Catatan : PaCO2 “normal”  atau meningkat menandakan kegagalan pernapasan yang akan datang selama astemik.

·         Intervensi : Berikan oksigen sesuai indikasi
Rasional :   Dapat memperbaiki/mencegah memburuknya hipoksia.

·         Intervensi : Berikan penekan SSP (antiansietas, sedatif atau narkotik)
Rasional :Digunakan untuk mengontrol ansietas/gelisah yang meningkatkan konsumsi oksigen/kebutuhan, eksaserbasi dispnea. Dipantau ketat karena dapat terjadi gagal napas.
·         Intervensi : Bantu intubasi, berikan ventilasi mekanik
Rasional :    Terjadinya/kegagalan napas yang akan datang memerlukan upaya tindakan penyelamatan hidup.

c)         Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan anoreksia,
            produksi sputum, efek samping obat, kelemahan, dispnea
Mandiri :
·         Intervensi :  Kaji kebiasaan diet, masukan makanan saat ini. Evalusi berat badan
Rasional :  pasien distress pernapasan akut sering anoksia karena dispnea, produksi sputum, dan obat. Selain itu, banyak pasien PPOM mempunyai kebiasaan makan buruk, meskipun kegagalan pernapasan membuat status hipermetabolik dengan peningkatan kebutuhan kalori. sebagai akibat pasien sering masuk rumah sakit dengan beberapa derajat malnutrisi. Orang yang mengalami emfisema sering kurus dengan perototan kurang.
·         Intervensi : Auskultasi bunyi usus
Rasional :  Penurunan/ hipoaktif bising usus menunjukkan penurunan motilitas gaster dan konstipasi  ( komplikasi umum) yang berhubungan dengan pembatasan pemasukan  cairan, pilihan makanan buruk, penurunan aktifitas, dan hipoksemia.
·         Intervensi : Berikan perawatan oral sering
Rasional :  Rasa tak enak, baud an penampilan adalah  pencegahan utama  terhadap nafsu makan  dan dapat  membuat mual dan muntah  dengan peningkatan kesulitan napas.
·         Intervensi : Berikan porsi makan kecil tapi sering
Rasional :    Membantu menurunkan kelemahan  selama  waktu makan dan memberikan kesempatan untuk menigkatkan masukan kalori total.

·         Intervensi : Hindari makanan penghasil gas dan minuman berkarbonat
Rasional :  Dapat menghasilkan distensi abdomen  yang menggangu napas abdomen dan gerakan diagfragma, dan dapat menigkatkan dispnea .
·         Intervensi : Hindari makanan yang sangat panas dan sangat dingin
Rasional :   suhu ekstrem dapat mencetuskan/ meningkatkan spasme batuk.
·         Intervensi : Timbang Berat Badan
Rasional : berguna untuk menentukan kebutuhan kalori, menyusun tujuan berat  badan,  dan evaluasi  keadekuatan rencana nutrisi . Catatan: penurunan berat badan dapat berlanjut, meskipun masukan ade kuat sesuai teratasinya edema.
Kolaborasi :
·         Intervensi : Konsul ahli gizi untuk memberikan makanan yang mudah dicerna
Rasional :  Metode makan dan kebutuhan kalori di dasarkan pada situasi / kebutuhan individu untuk memberikan nutrisi maksimal dengan upaya  minimal pasien / penggunaan energi.
·         Intervensi :Kaji pemeriksaan laboratorium seperti albumin serum, Transferin, profit asam amino, besi pemeriksaan keseimbangan nitrogen, glukosa, pemeriksaan fungsi hati, elektrolit. Berikan vitamin/mineral/elektrolit sesuai indikasi
Rasional :  Mengevaluasi / mengatasi kekurangan  dan mengawasi ke efektifan  terapi nutrisi.
·         Intervensi : Berikan oksigen tambahan selama makan sesuai indikasi
Rasional :  menurunkan dispnea dan meningkatkan energi untuk makan menigkatkan masukan.

d)         Resiko tinggi infeksi berhubungan dengan tidak adekuatnya imunitas, malnutrisi
Mandiri :
·         Intervensi : Awasi suhu
Rasional :   Demam dapat terjadi karena infeksi dan/atau dehidrasi.

·         Intervensi : Kaji pentingnya latihan nafas, batuk efektif, perubahan posisi sering dan masukan cairan adekuat
Rasional : Aktivitas ini meningkatkan mobilitas dan pengeluaran secret untuk menurunkan resiko terjadinya infeksi paru.
·         Intervensi : Observasi warna, karakter, bau sputum
Rasional :   Sekret berbau,kuning atau kehijauan menunjukkan adanya infeksi paru.
·         Intervensi : Awasi pengunjung
Rasional :    Menurunkan potensial terpajan pada penyakit infeksius.
·         Intervensi: Tunjukkan dan bantu pasien tentang pembuangan tisu dan sputum. Tekankan cuci tangan yang benar.
Rasional :    Mencegah penyebaran pathogen melalui cairan.

·         Intervensi :  Dorong keseimbangan antara aktivitas dan istirahat
Rasional :    Menurunkan konsumsi/kebutuhan keseimbangan oksigen dan memperbaiki pertahanan pasien terhadap infeksi, meningkatkan penyembuhan.
·         Intervensi : Diskusikan kebutuhan masukan nutrisi adekuat
Rasional :    Malnutrisi dapat mempengaruhi kesehatan umum dan menurunkan tahanan terhadap infeksi.
Kolaborasi :
·         Intervensi : Dapatkan spesimen sputum
Rasional : Dilakukan untuk mengidentifikasi organism penyebab dan kerentanan terhadap berbagai antimicrobial.

·         Intervensi : Berikan antimikrobial sesuai indikasi
Rasional :   Dapat diberikan untuk organism khusus yang teridentifikasi dengan kultur dan sensitivitas atau diberikan secara profilaktik karena resiko tinggi.

e)         Kurang pengetahuan tentang kondisi/tindakan berhubungan dengan kurang informasi.
Mandiri
·         Intervensi : Jelaskan proses penyakit
Rasional :  Menurunkan ansietas dan dapat menimbulkan .perbaikan partisipasi pada rencana pengobatan.

·         Intervensi : Jelaskan pentingnya latihan nafas, batuk efektif
Rasional :    Napas biibir dan napas abdominal/diafragmatik menguatkan otot pernapasan, membantu meminimalkan kolaps jalan napas kecil, dan memberikan individu arti untuk mengontrol dispneu. Latihan kondisi umum meningkatkan toleransi aktivitas, kekuatan otot, dan rasa sehat.

·         Intervensi :  Diskusikan efek samping dan reaksi obat
Rasional : Pasien ini sering mendapat obat pernapasan banyak sekaligus yang mempunyai efek samping hampir sama dan potensial interaksi obat. Penting bagi pasien memahami perbedaan antara efek samping mengganggu (obat dilanjutkan) dan efek samping merugikan (obat mungkin dihentikan/diganti).
·         Intervensi : Tunjukkan teknik penggunaan dosis inhaler
Rasional :   Pemberian yang tepat obat meningkatkan penggunaaan dan keefektifan.

·         Intervensi :  Tekankan pentingnya perawatan gigi /mulut
Rasional :    Menurunkan pertumbuhan bakteri pada mulut, dimana dapat menimbulkan infeksi saluran napas atas.
·         Intervensi : Diskusikan pentingya menghindari orang yang sedang infeksi pernapasan aktif
Rasional :  Menurunkan pemajanan dan insiden mendapatkan infeksi saluran napas atas.
·         Intervensi :Diskusikan faktor lingkungan yang meningkakan kondisi seperti udara terlalu kering, asap, polusi udara. Cari cara untuk modifikasi lingkungan.
Rasional :  Faktor lingkungan ini dapat menimbulkan/meningkatkan iritasi bronchial menimbulkan peningkatan produksi secret dan hambatan jalan napas.

·         Intervensi : Jelaskan efek, bahaya merokok
Rasional :    Penghentian merokok dapat memperlambat/menghambat kemajuan  PPOM. Namun, meskipun pasien ini menghentikan merokok, diperlukan kelompok pendukung dan pengawasan medik.
·         Intervensi :Berikan informasi tentang pembatasan aktivitas, aktivitas pilihan dengan periode istirahat
Rasional :  Mempunyai pengetahuan ini dapat memampukan pasien untuk membuat pilihan/keputusan informasi untuk menurunkan dispneu, memaksimalkan tingkat aktivitas, melakuakan aktivitas yang diinginkan, dan mencegah komplikasi.
·         Intervensi : Diskusikan untuk mengikuti perawatan dan pengobatan
Rasional :    Pengawasan proses penyakit untuk membuat program terapi untuk memenuhi perubahan kebutuhan dan dapat membantu mencegah komplikasi.
·         Intervensi : Diskusikan cara perawatan di rumah jika pasien diindikasikan pulang
Rasional :    Memberikan kelanjutan perawatan. Dapat membantu menurunkan frekuensi perawatan di rumah sakit.

 

0 komentar: